prev next

19/11/12

Perancangan Perangkat Keras (Hardware)

Posted on 17.28 by tris KT



Alat yang hendak kita rancang tersebut terdiri atas dua bagian yaitu bagian perangkat keras, rangkaia antar muka (interface) antara port parallel dengan robot dan perangkat lunak (software) pada computer untuk mengendalikan robot. Pada disain robot terkontrol PC kali ini, supaya sederhana akan menggunakan mobil-mobilan yang memiliki remot control. Jadi kita hendak membuat sebuah “mobil robot terkontrol PC”. Kita dapat membuat mobil tersebut berjalan maju, mundur, belok kiri maupun belok kanan hanya dengan meng-klik mouse!

 
                                                Gambar: Konsep Mobile Robot Terkontrol PC




            Dengan asumsi bahwa perangkat yang akan dikontrol hanya 4 macam saja yaitu maju (forward), mundur (backward), Belok kiri (left) dan belok kanan (right) maka akan diperlukan total 5 jalur (line) data computer ke rangkaian antarmuka. Adapun kelima data tersebut adalah sebagai berikut.

Sinyal
Digunakan Sebagai
DP-0
Maju
DP-1
Mundur
DP-2
Kiri
DP-3
Kanan
Ground
Common Ground

            Setelah kita mendefinisikan sinyal-sinyal yang akan dipakai untuk mengontrol rangkaian antarmuka maka kini saatnya untuk merancang rangkaian antar-muka tersebut. Rangkaian antar-muka ini memiliki ketentuan sebagai berikut. Pada saat masukan sinyal berlogika tinggi (high), maka pada jalur tersebut sebuah penghubung (switch) bekerja. Adapun yang dimaksud dengan switch disini tentu saja bukanlah switch manual, melaikan switch yang dapat dikontrol oleh arus listrik seperti relay atau opto coupler.

            Karena pertimbangan ukuran yaitu agar ukuran rangkaian tidak terlalu besar dan juga menghidari adanya kontak manual (seperti pada relay) yang dapat menimbulkan kebisingan, maka pilihan jatuh pada opto coupler PC-817 dari Sharp yang berharga murah.
            Opto coupler PC-817 berukuran cukup kecil dengan ‘footprint’ yang dapat dipasang pada kebanyakan soket IC, menjadikannya ideal untuk digunakan. Sebuah PC-817 dapat dipakai untuk menerima satu jalur data saja, oleh karena itu kita memerlukan 4 buah opto coupler tersebut.

            Selain opto coupler tersebut, kita masih memerlukan sebuah IC buffer yang berguna agar leluaran dari port parallel dapat men-drive opto coupler tanpa mengganggu logikanya. Kita akan menggunakan IC 74LS04 yang berisi 6 buah buffer/ driver dengan sifat open collector (harus dipasang resistor pull-up pada outputnya). Rangkaian lengkap antar-muka diberikan dibawah ini.

                                                  Gambar: Rangkaian Antar-muka PC Robot

Cara kerja rangkaian antar-muka ini adalah sebagai berikut. Jika pada jalur DP-0 (data port bit 0) dibuat berlogika tinggi, maka setelah melewati buffer 74LS07 pada pin 1 maka pada pena 2 akan terdapat logika tinggi yang akan menyebabkan opto coupler no.1 menjadi aktif, aktifnya opto coupler ini akan menyebabkan kedua pena outputnya berhambatan rendah yang cukup untuk mengaktifkan saklar “Maju” pada modul   remote mobil. Hal demikian juga berlaku untuk jalur yang lain.



Artikel Terkait :

No Response to "Perancangan Perangkat Keras (Hardware)"

Komentar Anda