prev next

18/11/12

Pemilihan port Komputer PC

Posted on 13.05 by tris KT

Sekarang timbul pertanyaan. Jika kita ingin mengontrol robot kita menggunakan computer, port apa yang sebaiknya kita pakai? Pada computer ada beberapa cara untuk mengontrol peralatan luar, yaitu menggunakan:
  1. port parallel (printer Port)
  2. port serial
  3. port USB
  4. card I/O
     Dalam hal ini harus dipertimbangkan dalam kebutuhan akan jalur I/O dan
kemampuan kita dalam memprogramnya. Dalam hal ini saya akan menggunakan port parallel untuk membrikan cara pengontrol robot menggunakan computer. 

           Menggunakan port parallel memberikan banyak keuntungan. Diantaranya adalah bahwa port tersebut jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan port serial. Pada port parallel data dikirimkan secara langsung (parallel ) delapan bit sekaligus. Hal ini berbeda dengan port serial yang mengirimkan data satu demi satu. Walau dalam pemakaian control robot, pengiriman data secara serial juga idak menimbulkan banyak masala, hal ini dikarenakan pergerakan robot pada umumnya cukup lambat bila dibandingkan dengan kecepatan pengiriman data secara serial.

            Port parallel saat ini boleh dikatakan tidak digunakan, karena untuk printer moderen saaat ini biasanya telah dilengkapi dengan antar muka USB yang lebih praktis.
Dengan  adanya antar muka USB tersebut praktis membuat bort parallel tidak digunakan. Terakhir adalah pembuatan program untuk pengontrol port parallel jauh lebih muda bila dibandingkan dengan membuat program untuk port serial.

Artikel Terkait :

No Response to "Pemilihan port Komputer PC"

Komentar Anda