prev next

20/11/12

Mobile Robot

Posted on 13.15 by tris KT

Salah satu jenis robot yang banyak diminati oleh penggemar robot adalah moble robot. Dari namanya kita akan tahu bahwa yang dimaksud dengan Moble Robot adalah Jenis Robot yang penggeraknya menggunakan roda seperti layaknya mobil, walaupun hanya menggunakan dua ruda saja

Saat sekarang banyak jenis mobile robot yang diperlombakan. ada Sumo Bot, Robot Pemain Bola, ataupun Line Follower Robot. Masing-masing jenis mobil robot diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk membuat sebuah mobil robot. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. hal pertama adalah pemilihan tenaga penggeraknya. Untuk mengerakkan sebuah mobil robot dapat digunakan sebuah motor DC.  Namun demikian yang patut diperhatikan adalah, ketika tidak boleh menghubungkan secara langsung roda dengan poros motor DC.

sebagaimana pengalaman saya, jika kita menghubungkan roda dengan poros roda motor, maka roda tidak kuat menggerakkan roda nantinya. Roda harus terhubung melalui system gear. Ada dua kelebihan menggunakan system gear yaitu:
  1. menaikkan tenaga pada roda
  2. menurunkan kecepatan putaran motor

Untuk dapat membuat sebuah mobil robot, maka kita dapat menggunakan motor DC biasa. Geared motor DC “motor DC yang deberikan gear” maupun resvo motor. Apabila kita hanya memiliki motor DC biasa. Maka tugas berat menanti kita.

Apa bila harus dapat membuat system gear yang cocok dengan desain mobil kita. Mungkin kita dapat menggunakan system gear pada mobil tamiya, part LEGO atau pun kita dapat berkereasi sendiri. Namun hal ini tentulah sulit dilaksanakan.

Oleh karena itu saya cendrung menyarankan untuk menggunakan geared motor DC atau pun servo motor. Geared motor DC masih agak susah dicari. Motor servo mungkin lebih mudah dicari ditoko elektronik besar.
Gambar Geared Motor
Gambar Servo Motor

Jika kita ingin menggunakan motor servo, maka hal yang perlu diperhatikan adalah tipe dari motor servo itu sendiri. Ada dua tipe motor servo yaitu standard servo (lihat gambar)  dan Continous Servo. Keterangan tersebut tertera pada badan servo.

Standard servo adalah servo yang putarannya memiliki batas. Hal inilah yang menyebabkan poros servo tidak dapat berputar 360 derajat. Servo ini hanya digunakan didalam system robotic seperti untuk menggerakkan lengan. Sedangkan Continous Servo dapat berputar 360 derajat sehingga cocok dipakai untuk mobile robot untuk menggerakkan rodanya.

Tidak seperti motor DC biasa, menggunakan motor servo agak sedikit rumit. Hal ini tidak lain Karena untuk menggerakkan servo motor tersebut diperguakan dengan cara memberikan pulsa dengan lebar tertentu.

Berikut diberikan ilusterasi arah pergerakan pada servo motor dengan jenis Continous Servo buatan Parallax Inc.
 
Gambar: pulsa yang diberikan ke servo

pada gambar diatas diberikan besar pulsa yang harus diberikan ke motor servo dan arah putar servo. Nilai 1 ms, 1,5 ms dan 2 ms adalah nilai dasar saja. nilai tersebut dapat diubah disesuaikan dengan karakteristik motor servo yang dipakai. nilai yang sesungguhnya didapatkan dengan cara trial dan error (yaitu dengan cara mencoba beberapa kali).

Misalnya pada nilai 2 ms (2000us) tuas motor servo belum sampe mentok, maka dapat diberikan nilai diatasnya dan perhatikan perubahannya. Apabila pemberian nilai terlalu tinggi maka poros motor servo akan bergerak. jika didiamkan maka nilai harus diturunkan sampai diperoleh posisi maksimum yang dikehendaki.

Artikil Terkait:
Pengerak Mobile Robot
Dasar Pemograman Servo Motor
Membuat Dasar Mobile Robot
Memprogram Servo Motor
Membangun Mobile Robot

No Response to "Mobile Robot"

Komentar Anda