prev next

27/10/12

Sistem Gerak Mobile Robot Beroda

Posted on 05.18 by tris KT

Robot beroda (wheel robot) dapat dibagi menurut sistem penggerak nya, yaitu sistem berak
  • Differential drive
  • Tricyle drive
  • Syncronous drive
  • Holonomic drive
Differential drive
sistem gerak Differential drive terdiri dari dua buah roda yang berpasangan pada kiri dan kanan robot, perhatikan gambar dibawah ini. Sistem ini memunginkan robot berputar ditempat dengan cara memutar motor dengan arah berlawanan. Contoh sistem ini pada kehidupan sehari-hari adalah pada gardan belakang mobil dan mainan mobil radio control (RC)





Tricyle drive
Tricyle drive merupakan sistem gerak dengan tiga buah roda. Dua buah roda dengan satu poros dihubungkan pada sebuah motor penggerak, sedangkan sebuah roda diberlakukan sebagai kemudi yang dapat berputar (setir kemudi), ketika berbelok akan didapatkan radius sepanjang titik pertemuan antara roda depan dengan roda belakang, perhatikan gambar dibawah ini. contoh sistem gerak ini pada kehidupan sehari-hari adalah alat transportasi becak dan bajai.


Syncronous drive 
Syncronous drive adalah sistem yang menggunakan semua roda yang terdapat pada robot untuk dapat bergerak. Pada saat robot berjalan pada permukaan yang tidak rata, maka roda yang berpengaruh pada ketidakrataan permukaan akan didukung oleh roda yang tidak terpengaruh, sehingga roda dapat bergerak dengan arah yang tetap. Perhatikan gambar dibawah ini. Contoh sistem gerak ini pada kehidupan sehari-hari adala pada roda trolly pasar swalayan.


Holonomic drive
Holonomic drive adalah sistem gerak yang memungkinkan robot bergerak ke segala arah (dengan menggunakan roda omni-directional), perhatikan gambar dibawah ini. Konfigurasi ini memungkinkan gerakan rotasi dan translasi pada mobile robot.

1 Response to "Sistem Gerak Mobile Robot Beroda"

.
gravatar
syahroni hidayat Says....

tonton juga pergerakan robot kapal holonomic ( holonomic USV)
https://www.youtube.com/watch?v=6PwZIPfMoYE

Komentar Anda